BERITA

ITB Kalla menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama dengan Lembaga Silmy Berkat Nusantara sekaligus dirangkaikan dengan Kuliah Umum Praktisi pada Jumat, 21 Januari 2022 di BikinBikin Cretive Hub Nipah Mall. Nursanti Octaviana, Ketua Yayasan Silmy Berkat Nusantara yang juga merupakan founder dari Phone Photography Makassar (PPM) hadir selaku narasumber. Murid langsung Darwis Triadi tersebut merupakan photographer professional yang cukup berpengalaman pada bidang food & product photography. 

Kuliah umum yang bertema Phonephotography untuk Optimalisasi Produk ini merupakan sesi eksposure mahasiswa yang mengambil mata kuliah Social Media & Digital Marketing dan Business Model & Design System. Andi Tenri Pada,S.E.,M.Sc selaku dosen pada mata kuliah tersebut memandang perlu diberikan pembekalan khusus terkait foto produk.

“Mahasiswa kami mulai membuat prototype produknya, kami memikirkan bagaimana supaya mereka memahami desain dan sistem bisnis sangat dipengaruhi oleh tampilan produk dan pemasarannya. Ini juga berkaitan dengan hard skill mereka, pengetahuan dan pengalaman fotografi bisa mereka aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari termasuk jika mereka ingin lebih pro”. Ungkap Tenri,

Nursanti, memaparkan pengalamannya selama menekuni fotografi.
"Fotografi itu prinsipnya seperti melukis dengan cahaya, yang hasil lukisannya meninggalkan cerita yang berbeda pada penikmatnya. Agar suatu barang atau produk makanan tersebut laku, penting untuk memberikan visual menarik dengan estetika tidak berlebihan, yaitu dengan memotret foto dan menunjukkan produk yang dijual”. Ungkapnya

Tak hanya itu, Santi juga menjelaskan beberapa hal teknis terkait fotografi, seperti prinsip dasar fotografi, pencahayaan, dan angle.
Usai Santi menjelaskan materi yang dibutuhkan, ia mengajak mahasiswa mempraktikkan langsung tentang fotografi.

Para peserta langsung antusias, dan beberapa dari mereka bahkan membawa produk usahanya sendiri untuk dipotret bersama properti tersebut.

Usai puas memotret, mahasiswa kembali menuju ke tempat duduknya dan mengedit foto yang telah dipotret tadi. Santi turun langsung mengkurasi hasil foto produk masing-masing.
Kegiatan kuliah umum berjalan dengan lancar hingga akhir acara.