Transformasi Organisasi


Standard Post with Image

Transformasi artinya perubahan menjadi lebih baik, maju, dan bermanfaat. Transformasi organisasi agar dapat berhasil hendaknya dilakukan pada 2 aspek yaitu culture transformation dan business transformation (ESQ Consulting, 2012). Terkait dengan culture transformation, ada 4 hal yang harus diperhatikan yaitu mission, vision, values, dan meaning. Misi, visi dan values organisasi harus dipahami oleh para karyawan. Values atau nilai-nilai perlu juga diukur gap antara teori dan prakteknya. Itu menjadi dasar menyusun program penguatan.

Harapannya dengan misi, visi dan values tersebut karyawan akan bekerja dengan bahagia karena dapat menemukan makna (meaning) atas segala yang dikerjakannya. Lalu pada business transformation ada 5 hal yaitu strategy, system, structure, technology dan people (GML Consulting, 2014). Pada aspek strategy ada strategic analysis dengan mencermati kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan atau SWOT. Kemudian dilanjutkan dengan strategic formulation bisa menggunakan Balanced Scorecard lalu menyusun Strategy Map, KPI (Key Performance Indicator), OYAP (One Year Action Plan).

Pada aspek system harus dikembangkan panduan berupa Organization Management System pada pilar business process, financial dan human capital. Juga disertai pedoman Tata Kelola Perusahaan yang Baik ( Good Corporate Governance). Struktur dikembangkan harus sejalan dengan system sehingga efektif dan efisien. Birokrasi yang efisien, pengambilan keputusan cepat. Tidak hanya membagi tugas dan jabatan. Technology juga harus terus diperkuat untuk memudahkan monitoring pekerjaan dan proses pengambilan keputusan. Pada akhirnya semua ditentukan oleh kualitas people atau human capital yang kompeten, bahagia dan sejahtera. Maka perlu pengembangan kompetensi khususnya pada aspek softskill, leadership dan teknis.

Kebahagiaan karyawan diwujudkan dengan meningkatkan Employee Engagement Index (EEI). Kesejahteraan karyawan ditingkatkan dengan melakukan evaluasi terhadap salary structure yang ada. Kunci sukses seluruh langkah transformasi di atas adalah konsistensi. Oleh karena itu harus dikawal dengan baik oleh para leader. Harapannya langkah transformasi dapat mendorong organisasi untuk berkontribusi aktif pada pengembangan masyarakat, ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selamat bertransformasi.

Penulis: H. Syamril, S.T.,M.Pd