Calon Dosen Kalla Business School Latihan Pekerti di Unhas

Calon dosen Kalla Business School mengikuti pelatihan Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI). Pekerti merupakan pelatihan yang diperuntukkan bagi dosen pemula untuk dilatih mempersiapkan program pembelajaran, memiliki keterampilan mengajar, dan melakukan evaluasi terhadap hasil belajar.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di gedung Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Hasanuddin jalan Perintis Kemerdekaan KM.10 Makassar. Sejumlah 23 calon dosen Kalla Business School yang terdiri dari akademisi dan praktisi bergabung bersama 20 dosen dari perguruan tinggi lain mengikuti pelatihan tersebut. Pelatihan yang dimulai setiap pukul 08.00 hingga pukul 17.00 itu akan dilaksanakan selama enam hari, mulai Senin 19 Agustus 2019 hingga Sabtu 24 Agustus 2019.

Berbagai materi akan diterima peserta pelatihan, mulai dari keterampilan dasar mengajar hingga praktik mengajar. Kandidat Rektor Kalla Business School Syamril, S.T., M.Pd. menjelaskan bahwa pelatihan ini sangat penting bagi para calon dosen dalam menyamakan paradigma mengajar.

Ini penting untuk menyamakan paradigma, kemudian menyamakan dasar-dasar keterampilan (mengajar), jadi kalau misalnya terkait paradigma kan ini kita berasal dari background yang berbeda-beda, jadi ada yang baru lulus, baru mau jadi dosen, ada yang dari praktisi profesional, nah itu kan paradigma tentang pendidikan tinggi itu belum sama atau mungkin belum punya, itu yang penting untuk didapatkan (dalam pelatihan ini), jelas Syamril

yang kedua standarisasi keterampilan, kita kan dengan background yang sebagian besar bukan dari ilmu kependidikan, tidak ada bekal sebelumnya tentang bagaimana menyusun perencanaan pembelajaran, bagaimana metode mengajar, atau strategi mengajar, sampai dengan evaluasi, ini penting untuk memiliki basic yang standar, sambung Syamril.

Syamril berharap dengan mengikuti pelatihan ini, calon dosen akan lebih mudah menyiapkan perkuliahan di awal semester mendatang.

kita harapkan dengan punya bekal (pelatihan) itu, nanti (dosen) akan lebih mudah dalam menyiapkan perkuliahan di semester satu dan dua di tahun ini.

Direktur Sekolah Islam Athirah Makassar ini juga mengungkapkan bahwa pada September mendatang masih akan melakukan pelatihan lanjutan bagi calon dosen Kalla Business School.

kita juga rencana, mungkin di awal september insya Allah itu (pelatihan) dengan google, kita akan adakan pelatihan google enterprise for education, jadi bagaimana mengoptimalkan fitu-fitur yang ada di google education untuk pembelajaran, ungkapnya.

Kalla Business School merupakan perguruan tinggi baru yang dikelola oleh Kalla Grup, terdiri dari empat program studi yakni, Kewirausahaan, Manajemen Retail, Sistem Informasi, dan Bisnis Digital.

Sumber: https://lintaslima.com/2019/08/19/calon-dosen-kalla-business-school-latihan-pekerti-di-unhas/

  • 19 Agustus 2019
  • LPMPP Universitas Hasanuddin